Berkarakter, Berwawasan, Beriman
Asesmen Kompetensi Minimum
Mengapa AKM?
AKM menanggapi kebutuhan global saat ini bahwa peserta didik diharapkan mampu beradaptasi dengan dunia yang cepat berubah dan berpartisipasi aktif di masyarakat. Oleh karena itu, peserta didik perlu menjadi pembelajar sepanjang hayat. Dua kemampuan yang menentukan kecakapan seseorang untuk belajar sepanjang hayat adalah kompetensi literasi membaca atau literasi matematika, yang sering disebut numerasi. Dua kompetensi ini penting karena peserta didik perlu mengembangkan keterampilan logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan untuk memahami, memilah, dan menggunakan informasi secara kritis
Konteks AKM terdiri dari:
Personal
Sosial Budaya
Saintifik
Bentuk Soal AKM terdiri dari:
Pilihan Ganda (PG)
Pilihan Ganda Kompleks (PGK)
Menjodohkan
Isian
Uraian
Konten dalam Literasi Membaca
Teks Fiksi
Teks Informasi
Domain dalam Literasi Matematika (Numerasi)
Bilangan
Geometri dan Pengukuran
Aljabar
Data dan Ketidakpastian
Level Kognitif dalam Literasi Membaca
Menemukan Informasi
Menafsirkan dan Mengintegrasikan
Mengevaluasi dan Merefleksi
Level Kognitif dalam Literasi Matematika (Numerasi)
Pemahaman
Penerapan
Penalaran
Komentar (0)